- Beranda
- ❯
- Pojok Informasi
- ❯
- Rumah Edukasi
- ❯
- Rumah Edukasi TKI Lombok Timur
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk mempunya peranan yang strategis dalam berpartisipasi secara aktif dalam mendukung pertumbuhan perekonomian nasional yang berkelanjutan.BNI juga berperan aktif sebagai agen pembangunan setiap program dan kebijakan yang dicanangkan oleh Pemerintah, salah satunya adalah pemberdayaan TKI.
BNI memiliki salah satu program terkait capacity building bagi TKI dan Keluarga TKI dalam bentuk Rumah Edukasi TKI. Secara ringkas, Rumah Edukasi TKI berbentuk bangunan fisik yang menyediakan fasilitas Perpustakaan (Pojok Buku), Pendidikan Bahasa Asing (Pojok Bahasa), Komputer dan Internet Gratis (Pojok Klik), Pelatihan Wirausaha (Pojok Wirausaha) dan Sarana Diskusi (Pojok Silaturahmi).
Adapun tujuan pembentukan Rumah Edukasi adalah:
Melalui program Rumah Edukasi TKI, BNI kembali membuktikan komitmen dan apresiasinya kepada TKI dan Keluarga. Menurut Direktur Utama BNI, Bapak Achmad Baiquni, Pencapaian tinggi BNI sebagai salah satu Bank terbesar di Indonesia tidak dapat dipisahkan dari kerja keras dan prestasi TKI yang merantau di banyak Negara.
Prinsip BNI untuk memberikan kemudahan, kenyamanan dan keamanan bagi TKI dalam melakukan transaksi kiriman uang dapat diakomodir oleh layanan BNI Smart Remittance. Didukung dengan enam cabang di Luar Negeri, 1600 Bank Koresponden dan Remittance Representative di Dalam dan Luar Negeri menjadikan BNI sebagai The Bank of Choice bagi TKI. Hal ini dibuktikan dengan pencapaian BNI dalam meraih penghargaan The Best Remittance Provider in South East Asia dari majalah Alpha South East sebanyak 6 kali berturut-turut, yaitu tahun 2009, 2010, 2011, 2012, 2013 dan 2014.
BNI merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia, yang per 31 Desember 2015 memiliki 1.817 outlet yang tersebar di 34 provinsi dan 420 kabupaten/ kota. Untuk melengkapi pelayanan kepada masyarakat, BNI juga memiliki 24 Sentra Kredit Menengah (SKM), 58 Sentra Kredit Kecil (SKC), 111 Unit Kredit Kecil (UKC), dan 12 Consumer & Retail Loan Center (LNC) yang tersebar di seluruh Indonesia.
Selain itu, BNI memiliki Enam kantor cabang di luar negeri; yaitu di London, New York, Tokyo, Singapura, Hongkong, Seoul; satu sub branch di Osaka; Limited Purpose Branch di Singapura; dan satu anak perusahaan di Hong Kong, BNI Remittance Limited, yang khusus menangani transaksi kiriman uang. Remittance representative officer yang tersebar di Malaysia, Korea Selatan, Qatar, Bahrain, Uni Emirat Arab, Belanda dan Amerika Serikat.
Untuk jaringan elektronik, per 31 Desember 2015, BNI memiliki 14.219 ATM yang tersebar di 34 provinsi dan 420 kabupaten/ kota termasuk 6 (enam) ATM di luar negeri, yaitu 4 ATM di Hong Kong dan 2 ATM di Singapura. Jaringan ATM itu diperkuat juga oleh 47.330 ATM LINK, 67.499 ATM Bersama, serta 77.196 jaringan ATM Prima. Selain itu terdapat fasilitas phone banking 24 jam BNI Call 1500046 atau melalui ponsel (021) 1500046 dan 68888, serta SMS Banking dan BNI Internet Banking www.bni.co.id untuk kebutuhan transaksi perbankan dengan ratusan fitur transaksi.
Bagi nasabah institusi bisnis, BNI memberikan layanan cash management secara online, trade finance, perdagangan internasional (eksp or/impor) dan remittance/pengiriman uang yang didukung oleh jaringan cabang luar negeri dan 1.637 koresponden di seluruh dunia, baik bank maupun non bank. Saham BNI tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode BBNI sejak tahun 1996.
Untuk memperluas jaringan usahanya dan memberikan layanan keuangan terpadu, khususnya di industri keuangan, BNI memiliki anggota group usaha, yaitu BNI Syariah (perbankan syariah), BNI Life (perasuransian), BNI Securities dan BNI Asset Management (pasar modal), serta BNI Multifinance (pembiayaan).