POJOK INFORMASI


TERBARU

Literasi Keuangan Untuk TKI Tokyo 2014


Tokyo – Bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk. (BNI) menyelenggarakan edukasi keuangan dan kewirausahaan kepada para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan Tenaga Magang (Kenshusei) di Tokyo, Jepang pada tanggal 18 Mei 2014. Kegiatan literasi keuangan ini dilaksanakan sebagai salah satu program dalam rangkaian Gerakan Nasional Literasi Keuangan Indonesia.

Dalam hal ini OJK ingin menjalankan fungsinya selain sebagai regulator keuangan Indonesia, namun juga sebagai sumber edukasi dan pengetahuan keuangan untuk masyarakat Indonesia dan diasporanya di luar negeri. Terutama akan pentingnya pemahaman atas produk keuangan, menyikapinya dengan bijak, serta risiko dan perlindungan kepada konsumen.

Literasi keuangan ini disampaikan secara informal untuk memudahkan peserta dalam memahami cara pengelolaan keuangan, sehingga diharapkan setelah kembali ke tanah air peserta dapat mempraktekan ilmu yang didapat, serta menjadi modal agar mereka tidak lagi memilih untuk bekerja di luar negeri.

Pada kesempatan yang sama BNI juga menghadirkan pengusaha sukses di Jepang yang pada awalnya merupakan para mantan TKI. Mereka membagi pengalamannya kepada para TKI hingga bisa menjadi pengusaha yang sukses di negeri orang. BNI sendiri merupakan salah satu bank yang melayani remitansi yang mana hingga saat ini Remittance Representatives BNI ada di Malaysia, Korea Selatan, Uni Emirat Arab, Qatar, Hong Kong dan Amerika Serikat.

BNI akan terus bekerjasama dengan Kedutaan Besar RI (KBRI), Perwakilan Bank Indonesia dan OJK, Lembaga Keuangan lainnya di luar negeri, lembaga pelatihan professional, serta asosiasi (paguyuban) TKI termasuk mahasiswa Indonesia di luar negeri. Hal ini dimaksudkan untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi para TKI melalui program pelatihan wirausaha dan edukasi perbankan, sehingga TKI dari luar negeri lebih siap untuk menjadi pengusaha di tanah air dan tentunya dapat menjadi mitra BNI di kemudian hari. (FTR/INT)