- Beranda
- ❯
- Pojok Informasi
- ❯
- Rumah Edukasi
- ❯
- Rumah Edukasi TKI Indramayu
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk mempunyai peranan yang strategis dalam berpartisipasi secara aktif dalam mendukung pertumbuhan perekonomian nasional yang berkelanjutan. BNI juga berperan aktif sebagai agen pembangunan setiap program dan kebijakan yang dicanangkan oleh Pemerintah, salah satunya adalah pemberdayaan TKI.
BNI berkolaborasi dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) memiliki salah satu program terkait capacity building bagi TKI dan Keluarga TKI dalam bentuk Rumah Edukasi TKI. Secara ringkas, Rumah Edukasi TKI berbentuk bangunan fisik yang menyediakan fasilitas Perpustakaan (Pojok Buku), Pendidikan Bahasa Asing (Pojok Bahasa), Komputer dan Internet Gratis (Pojok Klik), Pelatihan Wirausaha (Pojok Wirausaha) dan Sarana Diskusi (Pojok Silaturahmi). Rumah Edukasi TKI juga merupakan program yang in line dengan program milik Kementerian PPPA bertajuk Bina Keluarga TKI (BKTKI) yang memiliki tujuan yang sama di bidang pemberdayaan TKI.
Pada tanggal 23 Februari 2015, Wakil Direktur Utama BNI, Ibu Felia Salim bersama dengan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak, Ibu Yohana S Yembise meresmikan Rumah Edukasi TKI piloting project Indramayu yang berlokasi di Desa Majasari, Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu Jawa Barat. Kabupaten Indramayu dipilih untuk menjadi lokasi percontohan bagi program Rumah Edukasi TKI yang rencananya akan dibangun di daerah kantong TKI lainnya di Indonesia.
Program ini mendapat apresiasi dari Pemerintah yang diwakili oleh Kementrian PPPA, Kementrian Sosial, Kementerian Koperasi dan UKM serta BNP2TKI yang turut hadir dalam acara peresmian tersebut. Rumah Edukasi TKI diharapkan dapat menjadi wadah pengembangan diri bagi TKI dan jawaban atas permasalahan sosial yang timbul dari pengiriman TKI ke Luar Negeri.
Melalui program Rumah Edukasi TKI, BNI kembali membuktikan komitmen dan apresiasinya kepada TKI dan Keluarga. Menurut Wakil Direktur Utama BNI, Ibu Felia Salim, Pencapaian tinggi BNI sebagai salah satu Bank terbesar di Indonesia tidak dapat dipisahkan dari kerja keras dan prestasi TKI yang merantau di banyak Negara.
Prinsip BNI untuk memberikan kemudahan, kenyamanan dan keamanan bagi TKI dalam melakukan transaksi kiriman uang dapat diakomodir oleh layanan BNI Smart Remittance. Didukung dengan enam cabang di Luar Negeri, 1600 Bank Koresponden dan Remittance Representative di Dalam dan Luar Negeri menjadikan BNI sebagai The Bank of Choice bagi TKI. Hal ini dibuktikan dengan pencapaian BNI dalam meraih penghargaan The Best Remittance Provider in South East Asia dari majalah Alpha South East sebanyak 6 kali berturut-turut, yaitu tahun 2009, 2010, 2011, 2012, 2013 dan 2014.