POJOK INFORMASI


TERBARU

Literasi Keuangan untuk TKI Hongkong


Hongkong – Pada perayaan ulang tahun Republik Indonesia yang ke 71 tahun, 17 Agustus 2016, dengan tema Mewujudkan BMI Cerdas, diselenggarakan berbagai acara yang dipersembahkan khusus untuk seluruh warga Indonesia yang ada di Hongkong. Peringatan HUT ke-71 Republik Indonesia ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Konjen RI di Hong Kong Chalief Akbar Tjandraningrat, Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan OJK Horas Tarihoran, serta Putri Indonesia 2016 Kezia Roslin Cikita Warou.

Edukasi keuangan juga disampaikan pada acara ini dengan penyaji yang terdiri atas Otoritas Jasa Keuangan (OJK), PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk (BNI), PT Pegadaian, Telkom Internasional dan Garuda Indonesia.

BNI menginformasikan kepada pekerja migran Indonesia untuk menabung dan mengirimkan uang melalui bank karena lebih aman, murah dan cepat. Sedangkan OJK mengedukasi pekerja migran Indonesia untuk lebih cerdas dalam mengelola penghasilannya (cash management).

Kegiatan ini diharapkan dapat membuka wawasan pekerja migran Indonesia tentang pentingnya pengelolaan uang, serta berbagai cara untuk melakukan investasi agar sembari para pekerja migran ini bekerja untuk mengumpulkan pendapatannya, pada saat yang sama pendapatannya juga berkembang. Selain itu diharapkan juga pelatihan-pelatihan semacam ini menjadi agenda rutin yang akan diadakan secara berkala dengan tujuan akhir peningkatan taraf hidup para pekerja migran sekembalinya bekerja dari luar negeri. (FTR/INT)